Etika Penulisan Artikel di Internet

Pada saat kemajuan teknologi dan informasi yang sangat pesat akhir-akhir ini banyak orang sudah melupakan tujuan awal mereka membuat suatu karya tulis yang akhirnya dapat merugikan khalayak pada umumnya. Banyak cara yang dapat digunakan dalam mengeluarkan pendapat, salah satunya dengan menulis. Saat ini yang banyak digunakan yaitu menulis melalui internet.

Tetapi banyak aspek yang belum diketahu sesorang, terutama mengenai etika dalam menulis melalui internet. Banyak orang melupakan etika penulisan yang mereka lakukan pada dunia internet padahal semua orang dapat membaca artikel tersebut tentu saja jika artikel tersebut berisi sesuatu yang negative dan dapat merugikan orang banyak secara tidak langsung para pembaca akan diarahkan kepada sesuatu yang kurang baik pula.

Pola piker setiap manusia memang berbeda mengenai batasan-batasan baik atau buruknya suatu artikel agar dapat dipahami oleh banyak orang tetapi tidak ada salahnya adanya pembatasan secara umum mengenai tata cara maupun etika berbahasa yang dapat mereka gunakan dalam penulisan artikel tersbut.

Dunia maya memiliki aturan-aturan dan sopan santun yang harus dipahami setiap orang. Banyak yang kita jumpai seseorang yang menulis tanpa menggunakan aturan atau sopan santun yang semestinya, mengirimkan dengan menggunakan email, mempublikasikan dokumen elektronik seperti gambar, video dan tulisan-tulisan dalam bentuk lain tanpa memperhatikan kode etik yang semestinya.

Hal-hal yang harus kita perhatikan adalah sebagai berikut:

  1. Mengirim dan mendistribusikan dokumen yang bersifat pornografi, merugikan orang lain, dan dapat mencemarkan nama baik seseorang
  2. Melakukan pembobolan secara sengaja ke system computer
  3. Melakukan penyadapan informasi
  4. Melakukan penggandaan tanpa ijin
  5. Memanipulasi, mengubah, menghilangkan informasi

Yang harus kita lakukan ketika menulis di internet adalah meningkatkan kewaspadaan. Kita harus memikirkan apa yang akan kita tulis akan mempunyai dampak yang bersifat positif ataupun negatif. Apa yang kita tulis harus memiliki tujuan yang jelas agar tidak menimbulkan akibat yang negatif bagi kita sendiri maupun orang lain.

Pada era reformasi yang telah memberikan kebebasan dalam mengeluarkan pendapat ini, kita pun harus menyadari pendapat, kata-kata ataupun tulisan apa yang kita publikasikan melalui internet, karena semuanya memiliki batasan dan dampak yang berbeda-beda. Kebebasan yang kita anut adalah kebebasan yang bertanggung jawab. Jadi, apa pun yang kita tulis akan mendapatkan respon yang setimpal. Selama pendapat ataupun tulisan tersebut tidak merugikan orang lain, tetapi bermanfaat, kita tidak perlu takut untuk menulis.

Tidak ada aturan yang baku untuk mensikapi informasi dalam menulis di internet. Namun, kita seharusnya mengingat dan  menyadari bahwa perilaku kode etik sangat diperlukan untuk menghormati satu sama lain di dalam komunitas dunia maya, khususnya dalam menulis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s