PengajarPlus, Situs Guru dan Dosen Nasional

Edukasi kini bisa dijamah melalui berbagai media, termasuk Internet. Sejumlah pengembang memanfaatkan website sebagai wadah belajar dan mengajar via Internet. Misalnya, Haisobat, situs belajar interaktif untuk anak. Atau, SahabatGuru, mendiskusikan seputar perkembangan atau persoalan terkini di dunia belajar-mengajar matematika.

Seperti website-website sebelumnya, pengajarplus.com juga demikian. Dikembangkan oleh Satu Solusi awal April ini, situs ini menyasar para guru hingga dosen universitas.

“Situs ini merupakan wadah komunitas pengembangan mutu guru se-Indonesia yang dibentuk oleh Satu Solusi dalam program Satu Solusi untuk Pendidikan,” kata Abbi Angkasa Perdana, Presiden Direktur PT Satusolusi Intermedia Utama, dalam keterangannya, Kamis, 7 April 2011.

Apa yang bisa ditemui di dalam website pengajarplus.com?

Tak hanya sekadar berita terbaru soal pendidikan nasional, pengembang juga menyuguhkan informasi-informasi tentang beasiswa ke luar negeri dalam berbagai strata, mulai S-1 sampai S-3.

Selain itu, pengunjung juga disuguhi profil-profil pengajar Indonesia, seperti misalnya Didit H. Purnomo, Saldi Isra, dan Onno W. Purbo. Khusus guru, website menyediakan rubrik komunitas guru yang bisa mewadahi interaksi guru-guru nasional dalam bentuk jejaring sosial.

Para guru juga dapat mengakses kumpulan tips dan tutorial pendidikan efektif pada rubrik Tips + Tutorial untuk memperkaya pengalaman mengajar masing-masing.

Untuk memikat perhatian para guru, Satu Solusi menyiapkan program 10 ribu laptop dengan skema pembiayaan terjangkau. Dengan program ini, guru dapat menikmati program cicilan laptop dalam jangka waktu dua tahun. Ada tiga skema cicilan yang bisa dipilih mulai dari Rp237 ribu hingga Rp388 ribu tergantung jenis laptopnya.

“Selama dua tahun, guru yang mengikuti program ini mendapat keanggotaan gratis di situs pengajarplus.com. Di sana, mereka akan mendapat materi pengajaran hingga pelatihan kewirausahaan yang bisa menjadi income tambahan para guru di masa depan,” ujar Abbi.

Rencananya, pengajarplus.com akan diperkenalkan dalam acara grand launch sekaligus meresmikan program 10 ribu laptop untuk para guru, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2011 mendatang.

“Sepuluh ribu laptop murah ini hanya pilot project tahun pertama program Satu Solusi untuk Pendidikan. Sebab, berdasarkan riset kami, sedikitnya ada dua juta guru di Indonesia yang kami targetkan memiliki laptop murah ini dalam setahun ke depan,” katanya.

Upaya untuk mempermudah kepemilikan komputer terjangkau dengan program berbasis syariah ini dirintis Abbi cs. sejak lama. “Sebab berdasarkan data dari Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) akhir 2010 lalu, penetrasi komputer baik PC maupun laptop di Indonesia baru 4 persen dari total populasi penduduk, atau hanya berkisar 9,2 juta unit.

Dengan demikian, tingkat kepemilikan komputer di Indonesia masih sangat rendah dibandingkan negara lain di Asia Pasifik yang rata-rata sudah di atas 10 persen. “Itu sebabnya perlu dilakukan metode baru untuk menggairahkan pertumbuhan komputer di Indonesia,” ujarnya.

Sumber : http://teknologi.vivanews.com/news/read/213551-pengajarplus–situs-guru-dan-dosen-nasional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s